Sejarah Baru Islam Sholat Jum’at di Hagia Sophia


Istanbul, portaldaerah.com– Sholat Jum'at pertama di Hagia Sophia menjadi sejarah baru bagi peradaban islam di Turki. Hagia Sophia  Dibangun 1.500 tahun yang lalu sebagai katedral Kristen Ortodoks, Hagia Sophia diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman pada tahun  1453. Pada 1934 Hagia Sophia  diubah lagi  menjadi museum dan sekarang statusnya menjadi situs Warisan Dunia Unesco.

Warga Muslim sekitar Turki berbondong - bondong menggelar sholat berjamaah di depan bangunan ikonik Hagia Sophia pada Jumat sore  waktu setempat (10/7/2020), beberapa saat setelah pengadilan disana memutuskan untuk mengubah museum Hagia Spohia  menjadi masjid bagi untuk kegiatan peribadatan umat muslim.

sebelumnya, Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Jumat waktu setempat  menandatangani dekrit yang  mengubah Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid untuk tempat ibadah umat muslim, kebijakan  itu diambil mengikuti keputusan pengadilan Turki yang membatalkan status museum Hagia Sophia.

Putusan itu pun  mendapatkan  kecaman dan  kekecewaan dari berbagai pihak, termasuk negara tetangga Yunani,  badan PBB Unesco, Turki yang dipimpin oleh Erdogan tetap pada keputusannya.  Erdogan menekankan bahwa Turki telah menggunakan kedaulatannya untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

"Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka lebar untuk penduduk lokal dan asing, Muslim dan non-Muslim,"kata Erdogan. 

 

Sumber: Okezone.com

Admin Portal Daerah

"Portal Daerah adalah website yang menyediakan lebih dari sekedar informasi"