Roy Kiyoshi Dituntut 6 Bulan Penjara & Denda 10 Juta

Sumber foto: www.kumparan.com

Jakarta, portaldaerah.com-  Roy Kiyoshi dituntut 6 bulan penjara dan denda 10 juta terkait kasus psikotropika yang menjeratnya.

Dalam kesempatan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Leo Simalango menuntut agar Roy Kiyoshi dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana memiliki dan menyimpan psikotropika berdasarkan dakwaan. Selain itu, JPU juga menuntut supaya terdakwa dinyatakan sebagai pengguna yang ketergantungan, yang berkaitan dengan tindak pidana psikotropika.
 
Presenter berusia 33 tahun itu, oleh JPU, juga dituntut hukuman penjara serta denda.
 
 
“Tiga, menyatakan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama enam bulan dikurangi dengan pidana yang telah dijalani oleh terdakwa dengan ketentuan,” ujar Leo Simalango dalam sidang.
 
“Empat, menjatuhkan pidana denda oleh terdakwa sebesar Rp 10 juta dengan ketentuan, apabila tidak bisa dibayarkan, maka akan diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan,” tambahnya.
 
 
Usai persidangan, Leo Simalango menyampaikan hal-hal yang memberatkan dan meringankan Roy Kiyoshi. Satu-satunya hal yang memberatkan adalah karena pemilik nama asli Roy Kurniawan itu membeli obat tanpa resep.
 
 
 
“Yang meringankannya, dia mengakui secara terus terang, kemudian dia berjanji tidak akan mengulanginya kembali, dan belum pernah dihukum,” ucap Leo Simalango.
 
 
Menurut Leo Simalango, Roy Kiyoshi juga tak merugikan orang lain lewat perbuatannya. Melalui fakta persidangan, terlihat bahwa Roy Kiyoshi memang membutuhkan dokter untuk meredakan gangguan psikologis yang dimiliki.
 
 
“Jadi, dia ini seorang yang butuh perhatian khusus dari medis. Kalau secara manusiawi kita tidak melakukan itu, kita tidak bisa. Medis yang mengatakan dia butuh itu karena dia penyakit kronis,” pungkasnya.
 
 
Kuasa hukum Roy Kiyoshi, Edy Suryono, tak berkomentar banyak mengenai tuntutan itu.
 
 
“Tuntutan dari JPU enam bulan. Kita lihat minggu depan gimana hasilnya,” ucap kuasa hukum  Roy Kiyosho.
 
sumber: www.kumparan.com 

Admin Portal Daerah

"Portal Daerah adalah website yang menyediakan lebih dari sekedar informasi"