Peluang KKU Untuk Menjadi Industri Pariwisata Terbesar di RI Terbuka Lebar


Kayong Utara,portaldaerah.com- Ada empat persoalan mendasar yang dihadapi Kayong Utara dalam menyiapkan sumber daya manusia di pariwisata. Yaitu pertama, belum teridentifikasi secara menyeluruh ketersediaan SDM di bidang pariwisata baik secara kuantitas maupun kualitas. Kedua, Belum teridentifikasinya tingkat kebutuhan SDM baik secara kuantitas maupun kualitas dalam rangka pembangunan bidang pariwisata baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.  Ketiga Belum teridentifikasinya berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan dan peningkatan daya saing SDM guna pembangunan bidang pariwisata dalam menghadapi tantangan yang terjadi baik regional maupun nasional.  Dan yang terakhir, kurangnya keterpaduan kebijakan pemerintah dalam hal ini departemen terkait dalam pengembangan SDM pariwisata.

“Peluang Kabupaten Kayong Utara untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia melalui industri kepariwisataan sangat terbuka luas. Oleh sebab itu, pemerintah Kabupaten Kayong Utara menyusun desain pembangunan yang mampu menggerakkan potensi besar Kayong Utara sebagai kekuatan untuk melakukan lompatan besar dalam beberapa tahun mendatang,” kata  Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan  Pariwisata Kabupaten Kayong Utara Tasfirani di Sukadana. Selasa, (05/10)

Menurutnya, sasaran strategis yang ingin dicapai adalah terbentuknya langkah-langkah percepatan pembangunan Kabupaten Kayong Utara khususnya dalam bidang kepariwisataan yang didasari oleh semangat “Not Business As Usual”. Hal yang sangat mendasar dalam hal ini adalah kebangkitan gerakan yang serentak dan kolaboratif dari seluruh organisasi kelembagaan, adat, budaya dan sosial (pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat) daerah untuk melakukan terobosan pembangunan ekonomi nasional.

“Upaya lain yang bisa dilakukan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang kepariwisataan adalah dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas lembaga pendidikan dan pelatihan kepariwisataan, memperluas jurusan dan peminatan, membangun sekolah pariwisata, serta menjaga kualitas pendidikan kepariwisataan swasta,”kata dia.

Admin Portal Daerah

"Portal Daerah adalah website yang menyediakan lebih dari sekedar informasi"