Tasfirani; UMKM KKU Masih belum Maksimal Pengelolaanya


Kayong Utara,portaldaerah.com- Pengembangan Produk dan Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat (UMKM) di daerah wisata sangat diperlukan dan menguntungkan.

“UMKM merupakan usaha yang sangat dekat dengan masyarakat. Kemajuan UMKM akan memberikan efek berganda yang lebih besar kepada masyarakat di daerah wisata. Dari hasil analisis yang diperoleh di lapangan, kondisi UMKM di Kabupaten Kayong Utara masih belum berkembang dan diperhatikan, sehingga diperlukan rencana yang terintegrasi untuk pengembangan produk dan pemasaran UMKM,”Kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan  Pariwisata Kabupaten Kayong Utara Tasfirani di Sukadana. Selasa, (05/10)

Fase rencana pengembangan tersebut dimulai dengan tahap perencanaan dengan memperbaiki regulasi untuk UMKM dan analisis daya saing serta posisi UMKM, pemberian insentif finansial dan non-finansial bagi UMKM dapat dilakukan guna merangsang pertumbuhan UMKM.

“Fase selanjutnya adalah pembangunan, dimana akan dilakukan pelatihan dan pendampingan UMKM dalam pengembangan produk dan pemasaran, pembuatan asosiasi UMKM guna meningkatkan posisi tawar dalam lingkungan bisnis, serta kemitraan dengan institusi pembiayaan untuk tambahan modal,”jelasnya.

Fase terakhir adalah pemberdayaan sumber daya yang ada guna mempertahankan keberlangsungan bisnis dengan pelatihan untuk pelaku UMKM, penerapan pemasaran dan administrasi yang baik, serta manajemen kualitas untuk dapat menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

Admin Portal Daerah

"Portal Daerah adalah website yang menyediakan lebih dari sekedar informasi"