Jokowi Sees Karisma Event Nusantara 2024 as Tourist Attraction Magnet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap acara promosi pariwisata yang ditampilkan dalam agenda nasional tahunan Event Nusantara (KEN) tahun ini dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik dan internasional untuk menikmati objek wisata di Indonesia.

“Saya berharap acara yang termasuk dalam KEN akan menjadi magnet yang menarik baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Jokowi dalam sambutannya saat peluncuran KEN 2024 secara virtual di Jakarta pada Sabtu (27 Januari).

Jokowi mencatat bahwa tahun ini, KEN akan menampilkan 110 acara pariwisata yang menampilkan keindahan destinasi pariwisata Indonesia dan mempromosikan daya tarik budaya bangsa.

Presiden kemudian menyatakan harapannya bahwa sebagai program strategis yang dirancang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, KEN tidak hanya akan menyoroti keindahan alam Indonesia tetapi juga kekayaan budaya negara ini.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa 110 acara yang ditampilkan dalam KEN tahun ini diharapkan dapat membantu pemerintah mencapai target 1,25-1,5 miliar pergerakan wisatawan domestik pada tahun 2024.

“Kami berharap KEN akan membantu kami mencapai target menciptakan 4,4 juta kesempatan kerja, meningkatkan transaksi ekonomi sebesar 20-25 persen, dan mewujudkan target 1,25-1,5 miliar pergerakan melibatkan wisatawan domestik,” katanya.

Uno kemudian berharap bahwa KEN 2024 akan menarik sebanyak 10 juta pengunjung, melebihi total jumlah pengunjung dalam edisi tahun lalu sebesar 7,36 juta.

Menteri mencatat bahwa ia akan mengambil berbagai langkah untuk mewujudkan kunjungan wisatawan yang lebih banyak ke semua acara yang ditampilkan pada tahun 2024, termasuk dengan memanfaatkan media digital.

Dia juga memastikan kualitas dari 110 acara tersebut, karena kementeriannya awalnya telah membentuk tim kurator ahli untuk memilih dengan ketat total 252 acara yang diajukan oleh kantor pariwisata provinsi.

Berita terkait: Fokus pemerintah pada pariwisata berkualitas: Menteri Uno
Berita terkait: Karisma Event Nusantara 2023 menarik 7,36 juta pengunjung: Menteri

Penerjemah: Sinta A, Tegar Nurfitra
Editor: Arie Novarina

Source link