Governor Provides Assistance to Flood Victims in Barito Kuala

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Pak Birin segera bertindak dengan mengirim bantuan logistik dan perahu karet ke Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang sedang dilanda banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan, Raden Suria Fadliansyah, mengatakan bahwa bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak banjir di daerah tersebut.

“Dalam setiap rapat dengan lembaga pemerintah (SKPD), Gubernur selalu mengingatkan kita pentingnya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman banjir dan bencana lainnya. Salah satunya adalah responsif dan cepat dalam memberikan bantuan,” kata Suria.

Bantuan untuk Kabupaten Batola berupa logistik berupa makanan, selimut, dan mi instan.

“Kami akan langsung mengirimkan perahu karet. Tim dari BPBD Kalimantan Selatan dan BPBD Batola juga akan langsung mendatangi lokasi masyarakat yang terdampak banjir,” katanya.

Kepala BPBD provinsi, yang ditemani oleh Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bambang Dedi M, Kepala Darurat dan Logistik Pormadi, Kepala Subdivisi Logistik Syahranie Effendi, dan Manajer Pusat Kontrol Operasi Rifky, meluangkan waktu untuk berdialog dengan pejabat BPBD Batola.

Kepala BPBD Batola, Aris Saputera, mengapresiasi respons cepat pemerintah provinsi dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir di Batola.

Haris mengatakan ada sembilan desa yang cukup parah terdampak banjir, termasuk Kuripan, Jambu Baru, Asia Baru, dan beberapa lainnya.

Berdasarkan data pada Senin, 29 Januari 2024, Haris mengungkapkan bahwa kondisi masyarakat yang terdampak banjir telah ditangani dengan baik dan terkendali.

“Pemerintah Batola juga telah melakukan upaya penanganan dan mitigasi di sejumlah area yang terdampak banjir,” katanya.

Source link