Another earthquake with a magnitude of 2.9 shakes Tapin District in South Kalimantan

Banjarmasin, S Kalimantan (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa Kabupaten Tapin kembali diguncang oleh gempa berkekuatan 2,9 pada malam Senin sekitar pukul 19.30 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan, Rasmid, menginformasikan bahwa pusat gempa berada sekitar 28 kilometer tenggara Tapin pada kedalaman sekitar 10 kilometer.

“Melihat lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum, gempa yang terjadi merupakan tipe dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar Meratus di Kalimantan Selatan,” kata Rasmid dalam pernyataan tertulis yang diterima di sini.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 3,2 melanda Kabupaten Tapin pada hari Minggu, 18 Februari 2024 pukul 12.32 siang.

Berdasarkan laporan masyarakat, lanjutnya, gempa tersebut dirasakan di desa-desa Salam Bebaris, Kalumpang, Hangui, Rantau Bujur, kecamatan Kalumpang, dan kecamatan Bungur.

“Gempa dirasakan dengan intensitas II-III MMI atau getarannya terasa di rumah seolah-olah truk sedang lewat. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Rasmid mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tapin untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu atau informasi yang tidak dapat dibenarkan.

Hingga saat ini, katanya, tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tersebut.

Rasmid meminta masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bahwa bangunan, terutama rumah, cukup tahan terhadap gempa.

Source link