Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Banjarmasin (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan “Gerakan Pangan Murah” untuk masyarakat menjelang Ramadan di Kota Banjarbaru pada 29 Februari-1 Maret 2024.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel Imam Subarkah di Banjarbaru, Kamis, mengatakan Gerakan Pangan Murah tersebut bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

Menurutnya, Gerakan Pangan Murah adalah kolaborasi antara Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel untuk menjaga pasokan dan harga pangan di masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat agar pasokan tercukupi menjelang Ramadan,” ujar Imam.

Kegiatan ini juga merupakan arahan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menjaga pasokan pangan dan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Imam mengungkapkan bahwa dalam Gerakan Pangan ini, akan dijual bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, daging ayam ras, telur ayam ras, sayuran segar, nugget frozen food, dan lainnya.

Selain menjual bahan pokok, kata Imam, pihaknya juga akan menjual produk dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pangan lokal.

“Kami juga menyediakan stan untuk UMKM berjualan agar produk mereka dapat dibeli oleh masyarakat,” ungkapnya.

Imam menambahkan bahwa program ini sangat membantu masyarakat kurang mampu dan juga dapat menurunkan angka inflasi di Kalsel.

Source link