Ketua DPRD HSS Meningkatkan Literasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Jurnalistik

Kandangan (ANTARA) – Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Akhmad Fahmi (HAF) menyatakan pelatihan jurnalistik dapat meningkatkan literasi dan komunikasi.

HAF menyampaikan hal itu ketika membuka pelatihan jurnalistik komunitas Mitra Insan Pers Daerah (MIPD) HSS dengan tema “Go To School” yang diikuti oleh 50 pelajar SMAN 1 Kandangan.

HAF di Kandangan, Kamis, mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik sangat penting untuk meningkatkan literasi atau kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi bagi para pelajar. Hal ini juga termasuk membuat karya jurnalistik sesuai dengan etika jurnalistik.

“Ini sangat positif, karena di masa depan kita akan melakukan banyak komunikasi, dan komunikasi yang baik termasuk yang didukung oleh kemampuan literasi. Maraknya media sosial juga menuntut kita untuk menggunakan konten yang bijak dan menarik,” kata HAF.

HAF menjelaskan bahwa kegiatan ini membantu para pelajar dalam merangkai kata menjadi kalimat yang terstruktur sehingga menghasilkan karya tulis berkualitas. Mereka belajar dari para jurnalis yang ahli.

Ketua DPRD Kabupaten HSS juga memberikan motivasi kepada para pelajar untuk terus giat belajar, memanfaatkan waktu belajar secara optimal untuk mencapai cita-cita mereka melalui proses belajar.

“Insya Allah, apa yang dipelajari saat ini akan bermanfaat di masa depan. Kalian adalah para penerus yang mungkin akan menjadi pejabat di masa depan, oleh karena itu kemampuan literasi dan komunikasi perlu dikuasai,” tambahnya.

Kepala SMAN 1 Kandangan, Herniyati Handayani, menyatakan bahwa pihaknya bersyukur karena para pelajar menjadi sasaran dari pelatihan jurnalistik MIPD HSS. Dia juga menekankan bahwa peran guru dan narasumber tetap tak tergantikan meskipun banyak teori dapat dipelajari melalui media sosial.

“Pelajar diharapkan mengikuti pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Jurnalistik sudah diikutsertakan dalam lomba oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sehingga dapat menjadi persiapan,” ungkapnya.

Pelatihan ini dihadiri oleh narasumber dari LKBN ANTARA Kalsel, Fathurrahman, dan jurnalis Kalimantan Post, Muhammad Hidayat, yang juga merupakan Sekretaris PWI Kabupaten HSS.

Pemerintah Kabupaten HSS, DPRD HSS, MIPD HSS, dan PT Antang Gunung Meratus DPRD secara rutin mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat. Beberapa perusahaan seperti PT Subur Agro Makmur, PT Surya Langgeng Sejahtera, PT Tirta Amandit, Kejaksaan Negeri HSS, dan RSIA Permata Bunda turut serta dalam pelatihan jurnalistik tersebut.

Source link