Lambung Mangkurat University maintains its accreditation as an A-rated institution

Banjarmasin, S Kalimatan (ANTARA) – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan telah mempertahankan akreditasi A untuk institusi yang baru-baru ini diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Sertifikat akreditasi dengan status A untuk ULM diterbitkan pada 5 Maret 2024 dengan skor 365,” kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Rabu.

Pencapaian luar biasa ini, katanya, tercapai berkat kerja keras dan cerdas, kolaborasi, dan sinergi dari seluruh komunitas akademik ULM yang telah dibangun selama ini.

Rektor mengakui bahwa mempertahankan akreditasi A tidaklah mudah sejak ULM pertama kali memperolehnya pada tahun 2019 dengan masa berlaku lima tahun.

Sebenarnya, skor “kertas” ULM untuk akreditasi di awal kepemimpinannya sebagai rektor pada tahun 2022 hanya 2,89, sedangkan persyaratan untuk mempertahankan akreditasi A minimal 3,25.

“Alhamdulilah kita semua bekerja dengan cara yang dipercepat, kinerja kita untuk meningkatkan nilai indikator kinerja utama (IKU), termasuk Sinta, akhirnya menyelamatkan nilai kertas,” katanya.

Selanjutnya, Rektor ingin mencapai akreditasi Unggul segera dengan target paling lambat Desember 2024.

“Ini adalah PR kita, saya harap proses ini akan berlangsung pada bulan Oktober dan hasilnya akan diterima pada bulan November,” katanya.

Simbolis, rektor menerima sertifikat akreditasi A dari Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) ULM Prof Agung Nugroho, dan disaksikan oleh wakil rektor dan Ketua Senat ULM Prof Hadin Muhjad saat acara syukuran dan buka puasa bersama di Rektorat ULM di Banjarmasin.

Selain akreditasi, Rektor mengatakan bahwa pihaknya juga bersyukur atas sejumlah pencapaian lain, termasuk tujuh program studi di FKIP yang baru-baru ini memenangkan akreditasi Unggul.

Source link