Penyelesaian Pembayaran Biaya Ibadah Haji Tahun 2024 di Kalimantan Selatan Mencapai 92 Persen

Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan (Kemenag Kalsel) mengumumkan bahwa calon jamaah yang telah melunasi biaya haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2024 mencapai 92 persen dari kuota haji sebanyak 3.818 orang.

“Ini sudah mencapai sekitar 92 persen dari kuota haji daerah kita yang diberangkatkan tahun ini,” ujar Tambrin.

Tambrin menyebutkan bahwa target pelunasan tahap kedua adalah 391 orang calon jamaah haji, di mana 201 orang di antaranya telah melunasi. Tahap kedua ini diperuntukkan bagi calon jamaah haji yang belum melunasi biaya haji pada tahap pertama karena mengalami kendala sistem.

Jumlah tersebut belum termasuk kuota tambahan yang diperoleh Provinsi Kalsel dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebanyak 253 orang, sehingga totalnya menjadi 4.071 orang calon haji Kalsel yang berangkat pada tahun 2024.

Tambrin optimis bahwa kuota haji Kalsel tahun 2024 akan terpenuhi karena tingkat pelunasan Bipih per hari cukup tinggi dengan biaya sebesar Rp56 juta untuk Embarkasi Banjarmasin, Kalsel.

“Dengan izin Allah, jika semua jamaah haji kita dapat melunasi, kita berharap akan mendapatkan kuota tambahan lagi, seperti tahun kemarin dimana kuota jamaah haji dari provinsi lain yang tidak terpenuhi bisa ditambahkan ke provinsi kita,” tambahnya.

Source link