Penjabat Bupati Tabalong Berjanji Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Daerah

Tanjung (ANTARA) – Penjabat Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan Hamida Munawarah berkomitmen untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah yang menjadi fokus program pemerintah daerah tahun 2024.

Komitmenn ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan Kabupaten Tabalong sebagai daerah penyangga pangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kita fokus pada program ketahanan pangan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai kawasan penyangga IKN,” jelas Hamida di Tabalong, Minggu.

Dia menyatakan bahwa untuk mendukung program ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah membangun pasar agribisnis yang menjadi pusat penjualan berbagai produk pertanian. Selain itu, 10 kampung hortikultura juga dikembangkan di sejumlah kecamatan dengan harapan dapat menyuplai kebutuhan sayur dan tanaman hortikultura lainnya ke kawasan IKN di Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut data, luas tanam padi di Kabupaten Tabalong hingga Agustus 2023 mencapai 7.731 hektare dengan tingkat produktivitas 5,6 ton per hektare, menghasilkan sekitar 36.207 ton beras. Dari segi ketahanan pangan, hasil pertanian Tabalong sudah surplus melebihi kebutuhan pangan masyarakat dan kini menjadi pemasok bagi kabupaten tetangga.

Strategi percepatan tanam, persiapan ketersediaan sarana dan prasarana, sinergitas dan kolaborasi semua pihak pertanian dan pemangku kepentingan dilakukan untuk mempersiapkan ‘Bumi Saraba Kawa’ sebagai kawasan penyangga IKN dan penyuplai pangan ke kawasan Ibukota Negara.

Hamida baru saja dilantik sebagai penjabat Bupati Tabalong pada 22 Maret 2024 oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menggantikan Anang Syakhfiani yang masa jabatannya berakhir pada 17 Maret 2024. Sebelumnya, Hamida menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong dan menjadi perempuan pertama di ‘Bumi Saraba Kawa’ ini yang menempati posisi Sekda maupun PJ Bupati Tabalong.

Source link