Collaboration between HST and digital companies enhances education quality

Barabai, Kalimantan Selatan (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan perusahaan pengembang aplikasi Ngaji.ai, yaitu PT Novi Indonesia Belajar (Vokal.ai), untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Bupati HST Aulia Oktafiandi melakukan pertemuan dengan PT Novo Indonesia di Jakarta saat ini, untuk melaksanakan transformasi pembelajaran dan memperkuat pendidikan karakter siswa di kabupaten tersebut.

“Langkah pertama yang kami ambil adalah mendigitalisasi pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan aplikasi gadget,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kamis.

Sekretaris Daerah HST Muhammad Yani, Co-founder Ngaji.ai H Sutarto Hadi, Kepala Dinas Pendidikan HST Muhammad Anhar, CEO Vokal.ai Martijn Enter, Direktur Novo Belajar Indonesia M Vanessa Tri Octavia, Ketua MUI HST KH Muhammad Khairuddin, Ketua BKPRMI HST Humaidi, dan tokoh agama KH Abdul Gafar turut hadir dalam pertemuan tersebut.

“Kami telah menerima undangan untuk bertemu dengan PT Novo (Vokal.ai). Kerjasama ini adalah bukti bahwa kami sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter anak-anak kita di Hulu Sungai Tengah,” katanya.

Aulia mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut setelah program sebelumnya memasukkan para ustadz dan ustadzah ke dalam sekolah formal tingkat SD dan SMP, kemudian program tahfiz untuk 2.000 siswa.

Transformasi pembelajaran, kata dia, merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan, terutama terkait dengan memperkuat pendidikan karakter.

Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Anhar mengatakan bahwa transformasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa serta menjadi media pendamping bagi ustaz dalam kegiatan mengajar.

“Kami ingin mendorong dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan mempelajari Al-Quran, salah satunya melalui digitalisasi agar mudah diakses oleh anak-anak,” kata Anhar.

Ketua MUI HST Ustadz Muhammad Khairuddin mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dukungan program pemerintah HST dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Quran.

Source link